jump to navigation

…terminal ubuntu menjadi seperti linux mint… March 17, 2011

Posted by siho in linux....
Tags: , ,
trackback

Petunjuk : tulisan ini hanya sebagai pengingat bagi saya, kalo anda mau membacanya tentu diperbolehkan🙂

Pukul 13.00 di dalam kantor yang membosankan, iseng-iseng membuka blog yang lama saya tinggalkan. Terhitung sudah 3 bulan lebih tidak ada postingan baru, hal itu semenjak saya menghuni ibukota negara ini. Terhubung ke internet dengan mengandalkan koneksi internet kantor karena kekuatan sinyal smart pada hape c700 yang saya miliki tidak berdaya di kosan. Sinyal pada hape hanya bisa berhitung sampai 2 strip saja.

Nah daripada gak ada postingan mending bikin tulisan😀 . Dalam keadaan ngantuk tulisan ini saya buat berdasar atas hal-hal sebagai berikut :

  1. keadaan pekerjaan yang sedang santai
  2. juragan di kantor lagi rapat
  3. lama gak posting
  4. menulis merupakan penangkal ngantuk sedangkan membaca dapat menyebabkan kantuk😀
  5. karena saya baru tahu apa yang akan saya tuliskan di bawah ini


Coretan kali tentang penggunaan cowsay untuk menampilkan kalimat/quotes pada terminal linux ubuntu. Bagi para pengguna linux mint tentu sudah sangat mengenal akan munculnya tulisan pada terminal ketika menjalankannya. Yup, tulisan tersebut biasanya adalah ucapan-ucapan tokoh dunia. Kemudian dibawah tulisan tersebut biasanya terdapat gambar lembu/sapi ataupun pinguin tux yang tersenyum manis pada kita😉 . Sebagai pengguna ubuntu, saya ingin rasanya menampilkan tulisan tersebut ke dalam terminal ubuntu saya.

ini nih gambar terminal di linux mint

kalo yang ini di terminal ubuntu

untuk bisa seperti di linux mint, saya menggunakan langkah sebagai berikut :

1. jalankan terminal

2. ketik

sudo apt-get install fortune cowsay

3. cek apakah sudah jalan, ketik

fortune | cowsay

4. nah kalo udah jalan, agar tulisan tersebut dapat ditampilkan tiap kali membuka terminal maka kita perlu mengubah file di /etc/bash.bashrc

sudo gedit /etc/bash.bashrc

5.untuk selanjutnya kita tambahkan baris ini

fortune | cowsay -n
echo
Nah kini kita akan mendapatkan tulisan2 tersebut tiap kali kita buka terminal.


6. Sedangkan kalo kita bosan dengan tulisan yang muncul secara default maka kita dapat menggantinya. perintahnya adalah sebagai berikut:

fortune | cowsay tulisankamu
echo

ini contohnya bagi anda yang masih meragukan bahwa gambar tersebut adalah sapi

fortune | cowsay aku ini sapi apa anjing sih?
echo

Namun bagi anda yang kurang suka gambar sapi, anda masih dapat mengubah gambar sapi tersebut dengan gambar lain. Adapun gambar-gambar yang dapat digunakan untuk mengganti gambar sapi tersebut dapat ditemukan di /usr/share/cowsay/cows

Bila kita akan mengganti gambar maka kita ubah perintah pada langkah 5 sesuai gambar yang diinginkan. Contohnya kalo kita suka gambar ghostbuster tinggal kita ubah menjadi

fortune | cowsay -f ghostbusters.cow -n
echo

Tetapi saya harapkan anda jangan menggantinya dengan ini

fortune | cowsay -f sodomized.cow -n
echo

Amit-amit gan!!! Najis!!! Hoeeeeeeeeksss!!! 👿

Sumber Tulisan di sini

Recent Posts :

Comments»

1. Neo - March 18, 2011

Ha ha, nais post gan!
Mantap tutorialnya..

2. Asop - March 23, 2011

Geblek, hahahaha, gambar terakhir geblek bener….😆

3. Krisna Shop - March 24, 2011

baru tau di terminal mint defaultnya ada yang macem gitu hhahaha…

btw gambar yang terakhir….. *hoeks

salam kenal ah😛

4. Lockjaw - April 14, 2011

hah.. gambar terakhir keren😆

5. ipul - April 25, 2011

hahahaha yang paling bawah itu asik mas, kayak ga ada perempuan lain aja . hwhwhwwhwhw

6. Prima - May 5, 2011

hhihiihi… ternyata ada caranya ya bikin gituan, aku pikir disusun satu2…😛

7. Membuat Tampilan Terminal Ubuntu Penuh Kata Mutiara « Coret – Coret Blog - May 20, 2012

[…] : disini dan Kernel Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this […]


Leave a Reply

