jump to navigation

…antara gunung, bumi, dan gempa… November 2, 2010

Posted by siho in celoteh....
Tags: , , , ,
trackback

Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan? dan gunung-gunung sebagai pasak? (QS An Nabaa’ 78: 6-7)

Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka dan telah Kami jadikan (pula) di bumi itu jalan-jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk.  (QS Al Anbiyaa’ 21 : 31)

Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk (QS An Nahl 16 : 15)

Setelah heboh gempa disusul tsunami di Mentawai dan meletusnya Gunung Merapi, setidaknya ada beberapa gunung dalam status waspada.

” />Hal ini menimbulkan pertanyaan pada benak saya. Apakah ada hubungan antara bergejolaknya gunung-gunung di Indonesia dengan gempa-gempa yang belakangan ini sering terjadi? Karena dasar keilmuan yang saya pelajari bukanlah ilmu tentang gempa ataupun vulkanologi maka saya menyandarkan pertanyaan kepada kitab suci yang saya yakini.

Merunut pada ayat kitab suci di atas, menurut penafsiran saya -seorang yang dangkal ilmu agama- setidaknya ada hubungan yang  jelas antara bergejolaknya gunung dengan gempa..
Kalo semisal gunung adalah paku, dan bumi adalah papan, maka apabila pakunya tidak kuat akan berakibat papan mudah goyah. Demikian adanya bila gunung sedang bergejolak maka bumi akan mudah bergeser dan terjadi gempa. Hehehe, itulah penafsiran ngasal dari saya. Semoga saja termasuk benar adanya.
Dan di bumi memang banyak sekali jalan yang luas yang perlu kita pelajari, salah satunya adalah ilmu pengetahuan. Termasuk ilmu pengetahuan tentang gempa dan vulkanologi agar kita mendapat petunjuk sehingga dapat memperkirakan dampak bila gempa ataupun gunung meletus. Serta manajemen penanggulangan bencana agar lebih baik.
Semoga saja berbagai bencana di negara ini, termasuk bencana moral tidak terus berlanjut dan Indonesia tetap ada di peta dunia.

Comments»

1. Andank - November 2, 2010

Amin mas…

siho - November 4, 2010

aamiin ya robbal’alamin..

2. nurhayadi - November 2, 2010

Semoga musibahnya cepat berakhir

siho - November 4, 2010

tentunya itu yang kita harapkan…🙂

3. Alam - November 2, 2010

itu semua gejala alam😀 tenang saja..

siho - November 4, 2010

yeee..emang bencana alam koq..🙄
kalo pilek ma panas demam itu mah gejala plu😆

4. http://www.kutahotels.net - November 2, 2010

Terima kasih atas informasinya,
Semua ikut mendoakan agar indonesia tidak mendapatkan musibah lagi, akan tetapai kunfayakun karena allah yang maha tau segala-galanya.
Salam kenal

siho - November 4, 2010

salam kenal juga…
saya ucapkan terima kasih telah berkunjung kemari

5. adin - November 2, 2010

semua pasti ada hikmahnya…

siho - November 4, 2010

tinggal kita mau ambil hikmah itu, atau malah membuangnya…

6. Zico Alviandri - November 2, 2010

Ulasan yang bagus🙂

7. kampus blog - November 2, 2010

semoga cobaan ini segera berakhir mas…
dan indonesia lekas berubaaahh jadi lebih baik..

8. tomi - November 2, 2010

saya membayangkan seluruh gunung yg statusnya siaga ntr meletus semua.. apa jadinya dunia ini?
apakah 2012 itu benar??
kita hanya bs berdoa mas

siho - November 4, 2010

jangan 2012 ah..kecepeten… takut😯

9. putri fajar - November 3, 2010

amiin..

betul sekali mas,
memang seperti itu di al quran😀

siho - November 4, 2010

al quran memang sumber dari segala sumber…

10. MENONE - November 3, 2010

yang telah terjadi jadikan sebuah pelajaran dan yang akan datang kita harus selalu waspada serta sll ingat kepada tuhan sebagai sang pencipta alam ini…….

siho - November 4, 2010

begitulah hikmah dari suatu bencana

11. Fir'aun NgebLoG - November 3, 2010

suatu saat, semua gunung akan meletus secara bersamaan, dan manusia pun akan terlempar melayang seperti kapuk yg ditiupkan…. *isyarat surah al-zalzalah-😀

siho - November 4, 2010

dan berakhirlah kehidupan manusia di dunia…

12. apikecil - November 4, 2010

saya suka tulisannya..
semoga kita tetap dalam lindungan-Nya..
Salam Hangat..

13. Denuzz BURUNG HANTU - November 4, 2010

penafsirannya gak ngasal ah … bener banget itu
gunung itu adalah pasaknya bumi
kalo ada apa2 sama gunung, pasti bedampak sama bumi …

semoga bencan di negeri ini bisa berakhir … Amin

14. bundadontworry - November 4, 2010

penafsiran yang cerdas dr mu Siho, gak ngasal kok.
khan memang dgn pengetahuan yg kita kuasai, insyaallah kita bisa mengantisipasi bencana yang akan datang sebelum banyak korban berjatuhan.
dan, bencana merapi kali ini, adalah utk keseimbangan alam yg diatur olehNYA.
salam

15. Prima - November 4, 2010

Hmmm…mungkin gunung sekarang kebanyakan di keruk-keruk, hutannya di gunduli, terus gunungnya marah, muntah2, eh bumi ikut goyang2….🙂

16. idana - November 5, 2010

salam kenal…

semoga bencana yang kerap melanda negeri ini bisa segera berakhir

17. deady - November 7, 2010

indonesia bakal ada terus di peta dunia? Aminnnn. Kok kesannya ngeri banget yak? Wew

18. Fir'aun NgebLoG - November 10, 2010

kunjungan malam…!
ijin mampir ngeronda nich😀

19. Asop - December 27, 2010

Belum update lagi?😀

siho - December 29, 2010

wah baru dapet kerja di jakarta mas..masih jarang konek ke internet

20. veera - January 11, 2011

yang perlu ditanyain, kenapa pasak bumi (baca: gunung) itu ga kuat dan goyah? Allah menciptakan semuanya dengan sempurna, dan ga mungkin ada cacat. Jadi, kalo begini jadinya berarti ada ‘sesuatu’ sama makhluk-Nya, bukan pada Dia.
apa gitu ya?

21. purwanto - January 20, 2011

amiin ya rabb, semoga musibah di negeri ini segera berakhir dan berganti dengan kebahagiaan

22. Firaun NgebLoG - February 11, 2011

update lagi gan….!!!

23. Rani - February 14, 2011

penafsiran ngasal anda,,ada benar benar salah salah,,jadi benar atau salah?? hehehe salam kenal😛

24. Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World - March 2, 2011

q blognya dicuexin mulu gan…
kapan nich mo update lagi?…

siho - March 3, 2011

sori gan..
lagi di perantauan..modem gak berdaya di kosan..sinyal cenat cenut
sebenernya pengen nulis lagi sih, tapi ini lagi adaptasi hidup dulu..hehe
kangen nyorat nyoret juga ini😉

25. zhaomoli - April 14, 2011

amin amin amin amin…
artikelx bikin takutt…
mau tobat ahh..heheheh

siho - April 18, 2011

aamiin…

26. febriosw - April 16, 2011

Sy bukan orang yang murni di bidang kebumiannya tapi setidaknya pernah mengenyam kuliahnya. Apa yang digambarkan Al Quran tersebut benar adanya. Gunung sebagai pasak. Andai tidak ada gunung maka bumi akan kesulitan melepaskan kalor dan kelebihan material di perutnya. Sebab, gerak bumi (rotasi) menciptakan efek tertentu yang membuat lempeng tidak dapat diam. Mereka saling bergerak dan kadang bertumbukan. Tumbukan-tumbukan tersebut (model menghujam) akan menambah stock material di perut bumi. Gunung lah yang dapat menyeimbangkan perut tersebut.

siho - April 18, 2011

nah ini penjelasan keilmuannya..🙂 terimakasih sob


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: