jump to navigation

…garuda [tua] menantang langit biru… October 6, 2010

Posted by siho in sepakbola....
Tags: , ,
trackback

Sudah hampir 27 tahun umur hidup saya, mungkin ini kali pertama dapat melihat pertandingan sepakbola antara tim negeri Indonesia melawan salah satu negara yang pernah tercata sebagai juara dunia dalam urusan sepakbola. Ya, Jumat 8 Oktober 2010 besok, timnas Indonesia akan melawan juara dunia dua kali yaitu Uruguay, di kandang sendiri,Stadion Gelora Bung Karno.
Tentunya pertandingan ini sangat dinantikan oleh penggemar sepakbola Indonesia seperti saya. Jarang sekali rasanya timnas Indonesia bertanding melawan timnas kelas dunia seperti Uruguay ini. Masih lekat di benak saya tentang perkasanya Uruguay di gelaran World Cup 2010 yang telah berlalu. Walaupun saat itu hanya sebagai juara keempat dan penyerang andalannya sekaligus kapten tim, Diego Forlan, terpilih sebagai pemain terbaik sepanjang turnamen yang diselenggarakan selama satu bulan penuh itu.

Diego Forlan
Diego Forlan …sumber foto : sportsnewsireland.com

Sejarah juga mencatat kehebatan Uruguay sebagai juara dunia dua kali di tahun 1930 dan 1950. Sementara keikutsertaan Indonesia hanya sekali [semoga bukan yang terakhir]  itupun masih bernama Hindia Belanda karena di tahun 1938, Indonesia belum merdeka. Tampaknya Uruguay adalah memang lawan yang tangguh buat Indonesia.

Sementara Indonesia, sudah menjadi kenyataan bahwa dunia sepakbola Indonesia kacau balau akhir-akhir ini. Hampir tidak pernah ada gelar yang mampu diperoleh negeri ini, kecuali Piala Kemerdekaan 2008, itupun setelah lawan keluar gelanggang karena kasus pemukulan. Selain itu yang ada hanya malu dan gagal besar, di SEA Games terakhir kalah dari Laos, di Piala AFF kalah dari Thailand, bahkan di level junior AFF U-16 yang baru-baru ini digelar di Solo,Indonesia kalah dari Timor Leste!..Begitu banyakkah dosa persepakbolaan negeri ini, hingga mendapat gelar saja tidak bisa. Masih ingat ketika Indonesia meraih emas terakhir di SEA Games 1991 yang dilalui dengan adu pinalti.
Yah, mungkin karena hanya di Indonesia saja seorang pemain sepakbola dapat sekaligus mempraktekkan kemampuan bersepakbola dengan ilmu beladiri seperti tinju, jujitsu, karate, taekwondo, pencaksilat, capoera, dan bermacam lainnya. Oleh sebab itu, seringkali terjadi baku pukul dan kericuhan menodai pertandingan. Dan mungkin hanya di Indonesia, seorang pemain sepakbola dapat menggunakan ilmu meringankan tubuhnya di lapangan, ilmu berjalan di atas air. Ya, kadang kala di musim hujan, lapangan sepakbola negeri ini lebih mirip telaga air daripada sebuah lapangan bola. Sementara di luar lapangan dengan bermodal sepakbola, supporter dapat membajak gerbong kereta dengan seenaknya.

Bambang Pamungkas
Bambang Pamungkas …sumber foto : swaberita.com

Dengan segala persoalan sepakbola negeri ini yang tak kunjung usai, saya berharap laga Indonesia versus Uruguay, Garuda menantang Langit Biru, akan tetap terlaksana. Apapun yang terjadi, Jumat nanti Langit Biru telah menanti..Sang Garuda harus mengepakkan sayapnya, siap menantang Langit Biru..

Comments»

1. Denuzz BURUNG HANTU - October 10, 2010

garuda udah sukses mengepakkan sayapnya dengan membiarkan 7 gol bersarang di dadanya … hehe
memilukan …

~~~ Salam BURUNG HANTU ~~~

siho - October 12, 2010

bukan lawan yang sepadan😆

2. johan tectona - October 11, 2010

garuda sudah berusaha namun langit biru terlalu susah untuk ditaklukan..

siho - October 19, 2010

memang bukan kelas kita …

3. Surya efendi hidayah - October 12, 2010

” nyatanya kita di bantai juga…
sampe 7 gol…
kapan ya sepakbola kita berjaya…”

siho - October 19, 2010

kalo bolanya bentuk kotak kali mas…

4. Asop - October 12, 2010

Padahal di babak pertama, saya sempat mengira, “wah ini dia penampilan terbaik Markus H. Maulana selama di timnas”. Ternyata tidak…😦

siho - October 19, 2010

sebenarnya markus bagus…tapi kalah bagus dari striker uruguay…apalagi kiper sana bisa sembari ngopi pa baca koran saking gak da kerjaannya..

5. bhiberceloteh - October 18, 2010

bikin pait banget yah skor nya😦
tp harus tetep percaya,
SUATU HARI NANTI, GARUDA kita pasti berjaya!

6. siho - October 19, 2010

yap…suatu hari nanti…semoga

bhiberceloteh - October 19, 2010

amiiinnn!😉


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: