jump to navigation

…merindukan film itu … September 30, 2010

Posted by siho in celoteh....
Tags:
trackback

“Darah itu merah jenderal”. Setidaknya kalimat ini sangat membekas dalam ingatan saya. Kalimat ancaman seorang komunis kepada salah satu jenderal angkatan darat dalam sebuah film yang menurut saya adalah sebuah legenda dalam dunia perfilman Indonesia- Penumpasan Penghianatan G 30 S PKI
… Dengan jadwal tayang yang hampir sama, setahun sekali setiap tanggal 30 September malam..Sewaktu mengenyam pendidikan level sekolah dasar, saya selalu menonton film tersebut tiap kali tayang ..Bukan saya begitu mencintai film itu, tetapi karena tugas dari guru. .Masih ingat dalam memori saya ketika guru SD saya memerintahkan untuk menonton film ini dan membuat resensinya keesokan harinya..Sebagai anak didik yang terlahir di jaman orde baru, saya memang akrab dengan hal-hal yang identik dengan orde baru seperti P4, Butir-butir Pancasila, UUD 1945, GBHN..Maklum saya biasa ditunjuk untuk mengikuti lomba cepat tepat P4 tingkat kecamatan maupun kabupaten

Kini sudah bertahun lamanya saya tidak menonton film itu semenjak prabu presiden Soeharto berucap lengser keprabon, film ini tidak lagi ditayangkan di televisi.Memang film ini seakan mengikuti jejak sang jenderal besar, dan kemudian hilang dari jadwal tayang teratur di televisi milik negara TVRI ..Mungkin film ini adalah film yang paling mendapat dukungan dari pemerintah Indonesia, setidaknya pada jaman masih jayanya orde baru..

Malam ini, hampir 13 tahun saya tidak menonton film ini..Ada kerinduan untuk kembali menikmati film itu..tak peduli pro kontra tentang film itu, saya hanya merindukan masa kecil saya itu…

Comments»

1. purwanto - October 1, 2010

saya juga merindukannya mas… biar penuh propoganda dan tidak tahu apakah itu fakta atau rekayasa, yang jelas harus bisa diambil hikmahnya

2. Ferry ZK - October 1, 2010

wah susah mas, soale sekarang sudah reformasi qiqiqi… lah sekarang itu gerakan hidup lagi je, biasa lagu lama kaset baru…

3. bhiberceloteh - October 3, 2010

ooohh itu tooh gambar cd nya?

masih ada yang jual ga ya?
lucu juga buat kenang2an… biar anak cucu nanti tau siapa Pasukan Tjakrabirawa, jangan kaya sayaa.. heheh!

4. Asop - October 12, 2010

Pilem yang jadul sekali…🙂

5. imadewira - November 2, 2010

benar, kita memang tidak tahu apakah itu benar atau tidak.. kita ambil hikmahnya aja


Leave a Reply

