jump to navigation

…mencoba linux archbang daripada bengong… September 15, 2010

Posted by siho in linux....
Tags: ,
trackback

Akhir-akhir ini sebagai seorang pengangguran kelas bantam, saya terkadang jenuh dengan keseharian saya yang tanpa dinamika..hanya makan dan tidur saja kerjanya. Mau belajar sana sini rasanya males luar biasa..sampai pada akhirnya saya berjumpa lagi dengan sesuatu yang disebut linux. Sudah lama sekali rasanya tidak mencoba sistem operasi yang katanya open source ini, kali terakhir mencobanya ketika masih jaman linux mandrake 9..Entah tahun berapa itu, sudah tidak lagi ingat rasanya..Setelah cek distrowatch serta browsing berbagai komunitas linux maka saya mencoba berbagai distro linux pada mesin virtual selama satu bulan, diantaranya adalah debian lenny, gos 3.1, crunchbang 9.04,  dewalinux papuma, ubuntu 10.04, linuxmint 9 versi gnome dan lxde, pclinuxos 2010 versi gnome dan openbox, arch linux, chakra os, archbang apeiro versi testing, kahel os, zencafe 2.2, akhirnya pilihan linux yang akan diinstal di laptop acer extensa 4630z kesayangan saya adalah linux distro arch.

Alasan utama pilihan distro ini tentunya adalah sistem rolling release dan keleluasaan untuk mendandaninya disamping karena saya suka aja..Akan tetapi dengan koneksi internet nan lambat versi c700 dan smart yang ada, akhirnya saya berpikir ulang untuk memasang arch linux di komputer saya ini..Dikarenakan untuk menginstall sampai ada tampilan GUI-nya harus mendownload berbagai berkas dengan jumlah yang cukup besar dari repo di internet.. Nah itu dia masalahnya..Daripada harus makan bandwith, mendingan saya install archbang saja..Ya, archbang adalah anak turunan distro arch linux yang telah dilengkapi dengan tampilan GUI..Secara singkat archbang = arch+openbox..Archbang sangat lumayan ringan.,setidaknya berdasarkan perasaan hati saya..tetapi memang harus mengorbankan perasaan kepuasaan dan kesenangan ketika harus membangun arch dari tampilan hitam putih klasik ke tampilan GUI desktop dan akhirnya berhasil

begini nih tampilan cupu desktop hasil install archbang di komputer saya..

Comments»

1. Dony - September 25, 2010

Keren bos, simpel dan bersih tapi elegan….

2. siho - September 28, 2010

thanks mas…ini juga masih belajar..newbie..mohon bimbingan aja..:)

3. nearie - October 3, 2010

siip kang..yang penting rolling release :2thumbup

siho - October 5, 2010

hahaha…nyasar mengeneh ya…😀 mecoba yang minoritas

nearie - October 25, 2010

dari mencoba..rolling release akan menjadi pilihan hidup..lebay..😀

4. siho - October 25, 2010

anu jelas pilihan..aku pake basis rhel, fedora gak nyambung…nyambungnya pake anaknya mandrake, debian, and arch…karena rr maka pilih arch…karena bw tipis maka pilih archbang..😀

5. agung - October 28, 2010

Kalau di pasang di Netbook kira-kira performanya gimana ya?

siho - October 29, 2010

belom pernah nyoba di netbook mas.. yang aku pake ini versi apeiro testing, masih lumayan bug…gak tahu kalo versi terbarunya yang rilis oktober kemaren..

6. hamboehhhutter - November 11, 2010

boleh tanya2 gag, hehe
tlg dijawab yaa pliiisss
1. code nama archbang
2. sejarah/platformnya archbang
3. translasi dan sistem minimum requirementnya archbang
4. aplikasi bawaan n tambahannya
5. dekstop yg digunain
6. screenshotnya archbang
trims atas jawabannya…ditunggu segera hehehee🙂

7. siho - November 12, 2010

coba cek ke archbang.org aja
kalo menurutku sih, archbang itu semacam remaster dari arch..kalo arch khan instalasi awal dari cd tidak sampe ke DE atau GUI..instalasi DE dilakukan sendiri..sementara kalo archbang udah kepaket (openbox
+lingkungan xfce)..
kalo aku make aplikasi(gimp, chromium, pidgin, inkscape, audacious, MPLAYER) rekor penggunaan ram sih paling mentok di 378 MB…

8. h1dr0X - December 30, 2010

mas c700 lancar di pake di Archbang?
konfigurasinya gimana?

siho - December 31, 2010

kalo di rumah kebumen lancar kalo cm buat browsing & chatting..download paket kecil2an masih bisa…
settingan nyari google aja…pake wvdial…sama kaya di ubuntu…


Leave a Reply

