jump to navigation

…banjir apa genangan air?… October 26, 2010

Posted by siho in celoteh....
Tags: ,
trackback

Musim hujan..musim air melimpah..berakibat banyak air tidak terserap ke tanah..Walhasil terjadilah banjir dan genangan air di sana-sini. Pun demikian adanya di ibukota negara Indonesia, Jakarta. Seperti yang terjadi malam tanggal 25 Oktober 2010lalu. Status di akun jejaring sosial Facebook milik saya dipenuhi sumpah serapah temen saya yang berdomisili di Jakarta. Umpatan tentang kemacetan dan melimpahnya air di mana-mana. Termasuk mampir ke kamar kost salah satu teman saya. Ya, dengan hujan berintensitas tinggi walaupun cuma terjadi hanya beberapa jam saja, Jakarta seakan tidak mampu menampung air lagi.
Esok paginya, 26 Oktober 2010, di salah satu berita televisi swasta nasional, sang pemimpin besar Jakarta Raya yang bernama Fauzi Bowo memberikan penjelasan tentang keadaan yang terjadi sebenarnya malam kemarin. Satu hal yang saya tangkap dari ucapan Sang Gubernur provinsi yang memiliki kekhususan ini adalah bahwasanya yang terjadi semalam adalah bukan banjir, melainkan genangan air..


Setahu saya yang namanya banjir ya karena adanya genangan air. Dengan kata lain, banjir adalah suatu genangan air. Karena saya tidak yakin dengan pengetahuan saya tentang banjir, seng-iseng deh saya nyari definisi banjir ke wikipedia indonesia
Wow, di situ tertulis dengan jelas seperti ini

Banjir adalah peristiwa terbenamnyadaratan oleh air.[1]Peristiwa banjir timbul jika air menggenangi daratan yang biasanya kering.[2] Banjir pada umumnya disebabkan oleh air sungai yang meluap ke lingkungan sekitarnya sebagai akibat curah hujan yang tinggi.[1] Kekuatan banjir mampu merusakrumah dan menyapufondasinya.[3] Air banjir juga membawa lumpurberbau yang dapat menutup segalanya setelah air surut.[3] Banjir adalah hal yang rutin.[4] Setiap tahun pasti datang.[4] Banjir, sebenarnya merupakan fenomena kejadian alam “biasa” yang sering terjadi dan dihadapi hampir di seluruh negara-negara di dunia, termasuk Indonesia.[5] Banjir sudah temasuk dalam urutan bencana besar, karena meminta korban besar.[6]

Sementara di kamus online, definisi banjir adalah seperti ini :

banjir

[v] berair banyak dan deras, kadang-kadang meluap (tt kali dsb): krn hujan turun terus-menerus, sungai itu –; (2) n air yg banyak dan mengalir deras; air bah: pd musim hujan, daerah itu sering dilanda –; (3) n Geo peristiwa terbenamnya daratan (yg biasanya kering) krn volume air yg meningkat; (4) v ki datang (ada) banyak sekali: menjelang Lebaran di pasar — petasan

Dan untuk arti dari kata genang dalam kamus online adalah seperti ini :

genang

ber.ge.nang v (1) terhenti mengalir (tt air); (2) berlinang-linang di mata (tt air mata): ~ air matanya mendengar cerita sedih itu; (3) tertutup atau terendam air (yg tidak mengalir): tanaman padi menjadi busuk krn ~ berhari-hari

Terus kira2 beda antara genangan air dengan banjir menurut Pak Gubernur itu apa ya? Kalau menurut saya sih sama aja, sama-sama air  .

 

About these ads

Comments»

1. imadewira - November 2, 2010

ah, itu cuma untuk memperhalus (meremehkan) banjir yang terjadi.. just my opinion


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: